Pahami 5 Hal Ini Sebelum Membuat Movie Dokumenter

Dari situ Anda bisa belajar untuk membuat karya film pendek yang lebih baik. Jika sukses meraup atensi di pageant movie lokal, siapa tahu film Anda akan dipertimbangkan ditingkat nasional ataupun internasional. Durasi juga akan membantu tim produksi untuk membuat sebuah cerita dalam movie pendek yang fokus dan keep story on the observe.

Setiap shot yang kita ambil sebaiknya dirancang dengan baik angle, type of shot serta gerak kameranya – sespontan apapun situasinya. Khususnya gerak kamera, jika gerak kamera dirasa tidak memberi kontribusi apa-apa terhadap isi adegan maka perlakukan ia seperti berada di atas tripod, jika adegan selesai atau second berlalu, cut. Untuk itu butuh pencatat adegan atau script supervisor untuk mendokumentasikan semua hal yang berhubungan dengan continuity . Perhatikan spesifikasi lokasi yang kita inginkan dengan mempertimbangkan aspek artistik dan teknis. Pilih lokasi yang nggak terlalu bising agar perekaman suara/dialog tidak terganggu dengan noise atau suara yang tidak kita kehendaki. Apabila gedung/rumah jangan memilih yang bergema sebab suaranya akan tidak terdengar jelas.

Pikirkan dengan baik, apakah hal-hal ini perlu ditampilkan atau tidak. Mendapatkan gambar lebih dekat ke objek sangat baik menggunakan dolly, digicam glider atau lakukan minimize and shoot. Pra ProduksiTahap Pra-Produksi merupakan tahapan yang paling penting dalam sebuah proses membuat movie. Dalam pra-produksi Anda merencanakan semua aspek logistik dan kreatif produksi, disinilah Anda dituntut untuk berpikir tentang semua masalah yang mungkin terjadi dan mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dimuka. Kenza menambahkan, ia melihat dan mengalami sendiri bagaimana fitur Director’s View mempermudah filmmaker mengambil gambar yang epik. “Kesempatan ini membuka jalan bagi saya untuk mewujudkan mimpi menjadi sutradara profesional,” ucap Kenza.

Membuat film

Film ini menceritakan kisah perjalanan empat orang sahabat yang lama tidak bertemu. Fitur ini, ada di menu aplikasi kamera bawaan smartphone, sehingga tidak sulit untuk mengakses dan menggunakan fitur andalan terbaru dari Samsung tersebut. Sebab, Director’s View bisa diakses di “tab More” pada aplikasi kamera bersama mode-mode pengambilan gambar lainnya.

Traveller juga menggunakan smartphone untuk merekam perjalanannya, mengubah video travel dan lifestylenya menjadi hasil produksi yang canggih. Hasil dari video yang kita ambil masih dalam bentuk mentahan atau terpotong – potong bahakan mungkin ada beberapa adegan yang salah sehingga perlunya proses editing. Proses editing sendiri berguna untuk menggabungkan part video dan memberikan efek – efek khusus baik suara atau gradasi warna sehingga movie tersebut lebih menarik lagi. Mouly juga memberikan tipsnya dalam mengoptimalkan penggunaan vivo X50 Pro untuk membuat movie berkualitas, Tips yang paling utama sebelum membuat movie adalah memiliki konsep atau cerita yang kuat dan perlu tahu apa yang ingin direkam. “Selain itu, tentu saja harus mengenali dan memaksimalkan fitur dan pengaturan video yang akan digunakan pada kamera di vivo X50 Pro dengan baik.